
Tutup Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Semester I Tahun Pelajaran 2024/2025, SMAN 1 Kecamatan Guguak Laksanakan Panen Karya
Dangung-Dangung (29/08/2024) - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Projek P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Sebagai salah satu sekolah penggerak yang menggunakan Kurikulum Merdeka, SMAN 1 Kecamatan Guguak juga melaksanakan Projek P5 yang telah dimulai dari akhir bulan Juli 2024.
SMAN 1 Kecamatan Guguak telah menyelesaikan lima projek untuk semester I, yaitu Projek I Fase F mengambil tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan topik “Ecoprint, Plants in Culture” untuk kelas XI dan “Berdakwah Melalui Sosial Media dengan Pembuatan Konten Religi untuk Diimplementasikan dalam Kehidupan Sehari-Hari” untuk kelas XII kemudian Projek I Fase E kelas X mengambil tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” dengan topik “Adab dan Disiplin adalah Kunci Sukses Seorang Siswa”. Projek II Fase F kelas XII mengambil tema “Berekayasa dan Berteknologi” dengan topik “Pembuatan Teknologi Tepat Guna dalam Mewujudkan Budaya Smart Society” dan Projek II Fase E kelas X dengan tema “Kewirausahaan” dan topik “Pemanfaatan Kain Perca untuk Menghasilkan Produk”.
SMAN 1 Kecamatan Guguak melaksanakan Panen Karya dalam rangka menutup rangkaian kegiatan Projek P5 semester I tahun ajaran 2024/2025 pada Rabu (28/8). Kegiatan yang bertema, “Mencipta Karya, Membangun Karsa, Menyelaraskan Jiwa dan Raga” ini dimulai pada pukul 08.30 WIB di lapangan SMAN 1 Kecamatan Guguak. Setelah pembukaan oleh pembawa acara, pembacaan Al-Qur’an, dan do’a, Ibu Reni, S.Pd. selaku Wakil Kurikulum dan Koordinator Projek SMAN 1 Kecamatan Guguak menyampaikan laporan pelaksanaan projek P5. Beliau menyampaikan bahwa telah ada lima projek yang dilaksanakan dengan empat tema dan lima topik yang berbeda. Kemudian Ibu Reni juga menyampaikan pelaksanaan projek secara ringkas serta berterima kasih kepada peserta didik yang telah melaksanakan projek dengan baik.
Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala SMAN 1 Kecamatan Guguak, Ibu Lisa Lazwardi, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dihelat sebagai ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi diri mereka sesuai dengan projek yang telah dilaksanakan. Dengan adanya wadah yang telah disediakan oleh sekolah, beliau berharap seluruh peserta didik bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.
Setelah penampilan Tari Pasambahan, Bapak H. Jon Eddy, S.Pd. selaku Ketua Komite SMAN 1 Kecamatan Guguak berkesempatan memberi sambutan di acara ini. Beliau merasa bangga dan mengapresiasi kreativitas peserta didik.
Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara secara resmi oleh Pengawas Manajerial SMAN 1 Kecamatan Guguak, Bapak Drs. Yulnifen Hendri. Beliau menyampaikan bahwa bakat peserta didik sangat banyak ragamnya, tidak hanya terbatas pada prestasi akademik. Berdasarkan hal tersebut, maka lahirlah kurikulum merdeka yang bisa mewadahi berbagai bakat dan kreativitas peserta didik melalui Projek P5.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengumuman 10 video konten dakwah terbaik dari Projek I kelas XII, dimana link video dari konten dakwah dari peserta didik tersebut bisa diakses dengan memindai QR Code yang telah dipajang di lokasi pameran hasil projek. Acara dilanjutkan dengan peragaan busana dan produk eco print dari Projek I kelas XI, peragaan busana dan produk hasil pengolahan kain perca dari Projek II kelas X, penampilan drama Sumbang Duo Baleh dan atraksi peraturan baris berbaris terbaik dari Projek I kelas X.
Setelah penampilan solo song dan tari kreasi, acara Panen Karya dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Pengawas Manajerial, Ketua Komite, Kepala Kepolisian Sektor Guguak, dan Kepala SMAN 1 Kecamatan Guguak. Seluruh tamu undangan kemudian dipersilakan berkeliling stand pameran untuk melihat dan membeli hasil projek peserta didik SMAN 1 Kecamatan Guguak. Semoga dengan terlaksananya Projek P5 serta Panen Karya ini bisa memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila serta dapat berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di sekitarnya.